Tuesday 21 October 2014

Peluang Persela ke Semifinal Pupus

SURABAYA - Laga putaran kedua babak 8 besar Indonesia Super League (ISL) benar-benar menjadi petaka bagi Persela.
Menjamu Semen Padang di Stadion Surajaya, Selasa (21/10), Laskar Joko Tingkir malah dijegal tim Kabau Sirah, 1-2. Tak pelak, peluang Persela ke semifinal ISL terhenti pada laga ini.
Sejak menit pertama, Persela tampil menekan. Persela berusaha menceta gol. Namun, Semen Padang mampu mengimbangi permainan Persela. Seperti di menit ke-4, dimana tendangan Osas melenceng tipis dari gawang Persela.
Petaka Persela terjadi di menit ke-15, dimana Khoirul Huda melakukan kesalahan fatal. Bermaksud maju menghadang pergerakan Osas, Khoirul malah terjatuh dan luput.
Osas tanpa kesulitan menjebol gawang Persela. 0-1 untuk Semen Padang.
Setelah kebobolan satu gol, Persela tak mau dipermalukan di depan pendukungnya.
Serangan Persela semakin gencar menusuk pertahanan Semen Padang. Namun Persela gagal menyamakan kedudukan, sehingga babak pertama, Semen Padang tetap unggul 1-0.
Seperti di menit ke-20, dimana Zaenal Arifin yang ada di kotak 16 melepaskan tendangan keras ke gawang Semen Padang, namun bisa diblok kiper Jandia.
Namun Semen Padang tetap mengandalkan serangan balik dan berusaha menambah pundi gol. Itu terlihat di menit ke-30, ketika Nur Iskandar menggiring bola ke dalam kotak 16. Namun tendangan Iskandar bisa ditepis kiper Khoirul Huda.
Atau juga bola mati yang dieksekusi Rudi di menit ke-38, namun tendangan pemain Semen Padang itu bisa dihalau Roman Golian di depan gawang Persela.
Selebihnya, serangan-serangan Persela selalu mentah karena pemain Semen Padang lebih banyak bertahan.
Demikian pula ketika Persela mendapat tendangan bebas di menit ke-42. Tendangan Srdjan Lopicic bisa diblok kiper Jandia.
Atau juga ketika bola matang sudah diterima Fery Ariawan di menit ke-43 di depan gawang, bola malah disasar keluar gawang.
Memasuki babak kedua, tensi permainan Persela Lamongan semakin meningkat. Satu gol bisa dicetak dari serangan cepat Persela.
Gol bermula dari umpan Addison Alves di menit ke-62 bisa dimanfaatkan Arif Ariyanto. Tanpa ampun, bola pun dilesakkan Arif Ariyanto kwe gawang Semen Padang, 1-1.
Setelah itu, serangan Persela makin gencar. Seperti di menit ke-66, dimana tendangan Danu Rosade masih bisa ditangkap kiper Jandia.
Persela gagal menambah pundi gol. Malah sebaliknya Semen Padang mampu memperbesar keunggulan lewat serangan balik cepat.
Ini terjadi di menit ke-85, dimana Semen Padang menusuk dari sisi kiri pertahanan Persela.
Umpan matang yang datang dari Ricky Ohoreila disambut Airlangga dan dengan satu sentuhan, bola menjebol gawang Persela. 2-1 untuk Semen Padang.
Hasil ini membuat peluang Persela maju ke semifinal ISL pupus karena hingga laga ini tak pernah meraih kemenangan.
Hasil mengecewakan atas Semen Padang ini membuat Persela tak bergairah. Itu karena peluang Laskar Joko Tingkir sudah pupus.
Hal ini diakui Pelatih Persela, Eduard Tjong. Dia melihat, hasil ini membuat Persela melupakan tiket semifinal ISL. Untuk itu, dalam dua laga berikutnya, Persela hanya ingin tampil apik saja dan tak mau jadi bulan-bulanan Arema Cronous.
"Kami masih putar otak untuk laga berikutnya," ujarnya.
Pihaknya juga mengakui, meski sudah tampil maksimal, namun pemain Persela melakukan kesalahan, sehingga berbuah gol.
Padahal, ketika turun minum, dia sudah menginstruksikan pemain agar tampil semangat dan menekan.
"Ya mau bagaimana lagi," ujarnya.
Sedangkan Pelatih Semen Padang, Jafri Sastra menuturkan, Persela adalah tim yang solid dan punya semangat tanding tinggi.
Namun karena Kabau Sirah punya mental tanding kuat dan mampu menang di tandang, maka pihaknya mampu mengatasi Persela.
"Kami sudah pernah mengalahkan Arema dan Persipura. Ini yang jadi modal kami sehingga bisa menekuk Persela," tuturnya.
Usai menang atas Persela, pihaknya bisa tersenyum. Namun, pihaknya juga tetap fokus dan berusaha tampil baik dalam dua laga sisa. Hanya dengan fokus, maka peluang ke semifinal makin terbuka.
"Kami juga akan berusaha keras meraih hasil optimal pada dua laga nanti," ujarnya.
Susunan pemain Persela Lamongan :
Khoirul Huda (K), Roman Golian, Suroso, Taufik Kasrun/Burhanudin Nihe 83', Edy Gunawan (B), Danu Rosade, Srdjan Lopicic, Arif Ariyanto, Fery Ariawan/Addison Alves 48' (T), Rudi Santoso/Jusmadi 32', Bijahil Calwa (D)
Susunan pemain Semen Padang :
Jandia Eka Putra/Fahrurazi 84' (K), Saepuloh Maulana, Septia Hadi, Ricky Ohoreila, Novan Setya (B), Eka Ramdani, Yu Nyumkoo, Nur Iskandar/Hengki Ardiles 94', Esteban Viscarra (T), Rudi/Airlangga 76', Osas Marvellaus (D)
Terkait#Persela Lamongan
Berita Terkait: Liga Super Indonesia
Jacksen F Tiago Sudah tak Tangani Persipura lagi
Persib Anggap Persebaya Memantik Psywar
8 Pemain Persebaya Cedera, Persebaya Beri Perlawanan Terbaik
Bustomi Disiapkan Lawan Persela
RD : Pemain Persib Sangat Luar Biasa
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Surya

No comments:

Post a Comment