Tuesday 21 October 2014

Mantan Editor The Washington Post Pengungkap Kasus Watergate Meninggal Dunia

Mantan editor The Washington Post yang mengungkap skandal "Watergate", Benjamin Crowninshield Bradlee, meninggal dunia pada usia 93 tahun, pada Rabu (21/10/2014).
Skandal Watergate merupakan salah satu kasus politik terbesar di Amerika Serikat yang terjadi pada 1970--1972. Akibat skandal tersebut, Presiden ke-37 Amerika Serikat, Richard Nixon, mengundurkan diri.
Bradlee pria kelahiran 26 Agustus 1921 di Boston melakukan investigasi kasus Watergate berdasarkan dokumen rahasia yang dikeluarkan Pentagon saat perang Vietnam.
Sebagai editor eksekutif 1968-1991, Bradlee berhasil mengubah Washington Post menjadi satu surat kabar paling dihormati di Amerika Serikat.
Tahun 2013, Bradlee diberi penghargaan tertinggi bagi warga sipil berupa Presidential Medal of Freedom
jurnalisme bagi Bradlee bukan sekedar profesi, melainkan barang publik penting untuk demokrasi kita," kata Presiden Barack Obama dalam pernyataan yang dirilis oleh Gedung Putih pada Selasa (21/10/2014) malam.
"Ia seorang wartawan sejati yang mampu mengubah Washington Post menjadi salah satu surat kabar terbaik di Amerika Serikat,” Presiden Obama menambahkan.(CNN)
Berita Lainnya
Malala Yousafzai Raih Penghargaan Liberty Medal
Robot yang dapat 'merekam' kondisi Bulan
PPIH Optimistis Manajemen Dam Kolektif Bisa Terwujud Tahun Depan
Blue Bird Segera Pasang Sofware NEC
Dr Sjakon George Tahija Investasikan 50 Juta Dolar AS di Global Fund
Editor: Budi Prasetyo

No comments:

Post a Comment